Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa telkomsel mengeluarkan Paket Internet UnlimitedMAX yang bisa sahabat beli hingga 5 kali dalam satu bulan. Meskipun dilabeli dengan internet unlimited, akan tetapi kuota unlimited yang ditawarkan oleh telkomsel tersebut terbagi menjadi dua jenis.
Kuota unlimited yang pertama adalah kuota internet unlimited dengan FUP (Fair Usage Policy). Jadi sahabat tetap bisa mengakses internet sepuasnya meski kuota internet nasional dan kuota internet lokal yang sahabat miliki sudah habis. Meski sepuasnya, kecepatan yang akan sahabat terima setelah kuota nasional dan lokal habis adalah 128 Kbps.

Perlu sahabat ketahui bahwa 128 Kbps (Kilobits per second) sama dengan 16 KBps (Kilobytes per second). Dengan kecepatan tersebut, tentu saja sahabat tidak akan bisa leluasa untuk mengakses beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang mumpuni seperti streaming Video, Musik, dan Game Online.

Kuota unlimited yang kedua adalah kuota internet apps (real unlimited). Jadi kuota jenis ini akan memberikan kecepatan internet normal selama paket Unlimited MAX yang sahabat miliki masih dalam keadaan aktif. Sebagai informasi bahwa semakin mahal paket unlimitedMAX yang sahabat beli, maka semakin banyak unlimited Apps yang bisa sahabat nikmati.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah aplikasi-aplikasi yang bisa sahabat akses secara unlimited tanpa penurunan kecepatan meski kuota internet nasional dan lokal dari paket internet unlimited MAX yang sahabat miliki sudah habis:
  • Aplikasi WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 20K.
  • Aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 30K dan 50K.
  • Aplikasi YouTube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 70K, 100K, dan 120K.

Dari paparan yang sudah saya sampaikan di atas mengenai 2 jenis kuota unlimited yang terdapat pada paket unlimitedMAX Telkomsel, maka sekilas bisa sahabat lihat mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut saya ringkas mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket unlimited MAX.

Kelebihan

Dengan adanya kuota unlimited apps real unlimited tanpa FUP membuat sahabat tetap bisa mengakses beberapa aplikasi tanpa adanya penurunan kecepatan. Sahabat juga tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan 128Kbps (di luar aplikasi yang tercover unlimited apps) setelah kuota internet nasional dan lokal yang sahabat miliki habis.

Selain kuota internet yang unlimited, harga yang ditawarkan dalam paket unlimited MAX juga bisa dibilang cukup murah apabila dibandingkan dengan harga paket internet telkomsel pada umumnya. Pilihan paket yang bervariasi juga membuat sahabat bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan internet dan budget yang sahabat miliki.

Kekurangan

Dengan adanya FUP yang membuat kecepatan internet akan diturunkan menjadi 128Kbps setelah kuota internet nasional dan lokal habis, tentu saja akan membuat kenyamanan sahabat dalam mengakses internet beberapa aplikasi menjadi terganggu. Kalau menurut saya kecepatan 128Kbps itu terasa sangat lambat.

Kuota internet lokal yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan kuota nasional tentu saja akan menjadi masalah apabila sahabat adalah orang yang sering bepergian keluar kota. Kuota lokal hanya bisa sahabat nikmati di area tertentu (tempat sahabat mengaktifkan paket internet telkomsel unlimitedMAX).

Paket unlimitedMAX tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna telkomsel, akan tetapi paket tersebut hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang umur kartunya belum genap 6 bulan. Selain itu, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa paket tersebut hanya bisa dibeli maksimal 5 kali dalam satu bulan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari paket internet unlimited MAX, setidaknya ada satu hal yang bisa diapresiasi dari paket tersebut. Adanya ‘real unlimited’ meskipun hanya pada beberapa aplikasi saja, tetap saja cukup menggembirakan bagi pelanggan telkomsel yang membutuhkan akses internet unlimited tanpa memikirkan Kuota Internet. Semoga membantu dan bermanfaat.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel"

Posting Komentar